Review Xiaomi Redmi K20 Pro Setelah 2 Tahun Pemakaian

Xiaomi Redmi K20 Pro / Redmi Mi 9T Pro – Smartphone yang bisa dibilang cukup populer bagi kalangan gamers. Hp ini rilis pada pertengahan tahun 2019, faktanya, K20 Pro termasuk di kalangan Smartphone dengan spek tertinggi di kala itu.

Karena memang saat itu hp kesayangan ane udah gak kuat lagi buat ngegaming ( Xiaomi Note 3 Pro aka Kenzo ). Setelah melihat-lihat spek singkatnya, tak pikir panjang lagi untuk segera ngeupgrade hp lawas demi game.

Oke, di artikel kali ini ane mau ngasih beberapa kelebihan & kekurangan selama menggunakan Redmi K20 Pro. Semoga bermanfaat buat teman-teman yang ingin meminang Hp ini, dimulai dengan kelebihannya dulu.

Kelebihan K20 Pro:

Masih Tetap Eksis Buat Ngegame Hingga Sekarang (2021)

Alternatif game android mirip seperti Genshin Impact

Pertama, salah satu keunggulan smartphone ini adalah hal-hal yang menyangkut masalah game. Walaupun bukan hp gaming, namun tetap masih mumpuni untuk mengoperasikan game-game high end jaman sekarang. Genshin Impact, game yang cukup populer di tahun 2021 berhasil dilibas dengan setingan rata kanan.

Sejak rilis pada tahun 2020, gw udah ngebet bgt mau nyoba game yang satu ini. Game yang digadang-gadang musuhnya para hp kentang ini, sangat lancar di hp K20 Pro. Rekomendasi game buat yang suka petualangan, fantasi & berbau-bau anime jejepangan.

Baca Juga: Alternatif Game – Game Android Selain Genshin Impact

Speknya Gak Kalah Sama HP” Jaman Now

Meskipun sudah 2 tahun semenjak perilisannya (pertengahan tahun 2019), K20 pro msih tetap eksis untuk masalah spek. Jangankan untuk pemakaian sehari-harinya, untuk masalah gaming gak bakal kalah sama hp” jaman now. Berbekal Adreno 640 & Snapdragon 855 (7nm), Gpu & Chipset ini sudah lebih dari cukup untuk memainkan game” high end.

Di samping itu, untuk Ram nya sendiri tersedia 2 jenis dengan versi 6 & 8 GB. Kapasitas ram ini sudah cukup untuk kebutuhan gaming. Pada tahun 2021, Ram 4 GB adalah batas minimum spek untuk menjalankan game-game terbaru dengan lancar.

Cassing Belakang Yang “Wow”

Salah satu hal lain yang ane suka dri hp ini adalah masalah casing belakangnya. Terkesan elegan dengan warna yang mengkilap terang, cukup wow untuk sekelas hp” menengah ke atas. Gak perlu lagi kasih sticker” buat tampil beda, bawaan hp sudah memberikan kesan “WOW” saat pertama kali menggenggamnya.

Mantaplah Kameranya Buat Pemakaian Sehari-hari

Impresi 2 tahun menggunakan Xiaomi Redmi K20 Pro Mi 9T

Selanjutnya point kamera, untuk kamera belakang, bisa dibilang cukup lah untuk sekelas smartphone jaman sekarang. Apalagi buat Kamu yang hanya menggunakannya untuk pemakaian sehari-hari.

Masalah kamera yang paling ane suka adalah kamera depannya. Fitur pop-up diiringi lampu yang menyala, memberikan kesan keren untuk sekelas hp. Cocok buat Kamu” yang suka selfie.

Battrenya Masih Tetep Awet Walau Buat Gaming

Nah, biasa ini yang sering dilihat ketika akan membeli hp. Batre, yap batre, “batterainya awet gak ?,” mungkin seperti itu kebanyakan.

Battrenya awet teman-teman.

Selama dua tahun pemakaian, battrenya sih masih tetep santuy seperti baru. “Mungkin tergantung user kali ya ?,” ane saranin biar hp awet nih. Kalo buat gaming, usahakan jangan sampai main sambil dicharge / dices, kasian hpnya kawan. Udah panas terus dicas T_T.

Mod & Rom Yang Banyak Pilihan

Terakhir, point ini buat temen-temen yang suka ngoprek” hp atau istilahnya dimodif lah. “Spek tinggi kenapa harus dimodif-modif sih ?,” biar beda gitu kemungkinan.

Kalo rekomendasi dari ane sih udah gak perlu dimod-mod ini hp, mengingat spek udah ngacir abiss. Tapi, buat kamu yang hobi ngoprekin hp walau kadang ketemu error” macam bootlop, tersedia banyak pilihan. Mulai dari Custom Rom, EU Rom & Mod yang paling ane suka untuk hp Android adalah Mod Audio (Viper4android). Kunjungi forum-forum luar untuk dapat update terbaru, forum / blog” indo terkadang kurang update untuk masalah ginian.

Kekurangan K20 Pro:

Harganya Gak Turun” Semenjak Rilis 2 Tahun Lalu

Iseng” ngecek harga hp ini setelah 2 tahun (online shop), “eh harganya kok gak turun sih!”. Biasa hp itu kan harganya cepet banget turunnya, lha kok ini masih sama aja pas awal-awal rilis. Karena itu, mungkin ini salah satu kekurangan buat temen-temen yang ngebet bgt beli hp ini.

LCD yg Rentan Terhadap Benturan

Point ini mungkin termasuk kelalaian user & bukan kekurangan K20 pro. Ada yang bilang Amoled itu cukup kuat untuk menahan benturan, gesekan dll, apalagi ini Super Amoled. Oke, ane mau berbagi pengalaman masalah k20 pro ini.

Selama pemakaian, sekali ane pernah gak sengaja jatuhin ini hp, layar retak & Touchscreen rusak. Ternyata ketahanan lcd K20 Pro ini sama seperti Super Amoled hp” lain, jatuh retak. Mungkin jatuhnya ketinggian sih emng, sekitar 2-3 meter. Alhasil, biaya lagi buat ganti lcd. Just info, Lcd & Touchscreen sekelas Amoled ini mahal lho Sob, originalnya bisa nyampe 1jtan lebih. Jadi, buat kawan-kawan yang hpnya mahal” nih, “sayangilah hp mu sebelum dompet mu menipis :v.”

K20 Pro Tampil Dengan Cantik & Elegan, Tapi Tetap Butuh Casing Tambahan

Casing yang mantap bukan berarti itu kelebihan, sebaliknya, bagi ane ini adalah salah satu kekurangan. Tanpa casing tambahan, sayang rasanya jika casing belakang tergores sedikit saja. “Barang mewah kalo lecet tuh gmn gitu.”

Tapi meskipun demikian, terdapat penutup casing belakang tambahan buat K20 Pro ini. Tapi serasa gak cocok sama casing bawaan hp nya. Tampilan belakang ketutup ama cassing tambahan itu, jadi biasa aja dong. Rekomendasi yang paling cocok adalah cassing dengan warna bening atau transparan. Jadi ya beli lagi, menurutku ini salah satu kekurangannya.

Batterainya Panas Pas Lagi Main Game Dgn Setting High

Hal lain yang juga menjadi kekurangan ini hp adalah battrenya panas bgt kalo lagi maen game” dgn setingan high. Mungkin gak semua game & hanya game-game tertentu saja.
Game yang dimaksud adalah Genshin Impact, ini game jelas berat bgt klo disetting rata kanan. Faktanya, kebanyakan smartphone akan cepat panas jika settingan high saat bermain GI.

Namun, jika untuk bermain game sekelas Mobile Legends & Clash of Clans, “lancarrr mau disetting apa aja :D.”

Xiaomi Redmi K20 Pro Tidak Ada Slot Memory (MMC)

Kekurangan terakhir adalah K20 Pro gak punya slot tambahan buat memory micro sd. Pemakaian normal seharusnya cukup dengan kapasitas 64 GB & 128 GB. Tapi, buat yang suka nyimpen” file & rekam” video, kapasitas itu jelas kurang. Salah satu contoh adalah rekam video 4k, “nguras memory bgt, masa harus dihapus videonya kalo memory full?.”

Butuh laptop / PC tambahan buat mindahin file” jika kepenuhan memory. Sebaliknya, untuk pemakaian normal, seharusnya itu lebih dari cukup mengingat kapasitas internalnya yang besar. Namun hal ini masih termasuk salah satu kekurangan K20 Pro. Sekelas smartphone sudah sewajarnya memiliki mmc tambahan untuk perangkatnya.

Penutup

Demikian, itulah tadi beberapa kekurangan & kelebihan Xiaomi Redmi K20 Pro / Redmi Mi 9T Pro. Tidak adanya slot tambahan untuk memory adalah salah satu kekurangan hp ini. Untuk masalah gaming, K20 Pro masih bisa eksis menghadapi gempuran game-game baru yang keluar pada tahun 2021.

Subscribe
Notify of
guest
0 Jejak
Inline Feedbacks
View all comments