Ganti Lampu Baru di Rumah, Tapi Kok Masih Mati? Berikut Solusinya

“Niatnya mau ganti lampu baru, tapi pas dipasang lha kok masih mati ?.”

Terkadang, terdapat suatu hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan realita. Salah satunya adalah saat ganti Lampu baru, tapi Lampu yang dipasang masih juga belum menyala. Masalah ini biasanya terjadi di dunia pekerjaan, terutama yang sehari-harinya kerja di dunia kelistrikan.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan hal ini juga sering terjadi saat pergantian Lampu yang ada di rumah-rumah. Hal yang dikira sepele, namun tidak sesuai kenyataan, begitulah yang terjadi.

Oke langsung saja, inilah beberapa hal dan solusi yang sering terjadi saat mengganti Lampu rumah namun masih tetap mati.

Fitting / Rumah Lampu yang Kekecilan

Fitting Lampu Keramik

Pertama, hal yang terkadang membuat lampu tidak menyala saat baru diganti adalah masalah Fittingnya. Terdapat 2 jenis Fitting yang banyak beredar di pasaran, model Plastik & model Keramik. Fitting dengan model Plastik terkadang memiliki diameter yang lebih kecil dari Lampu, begitu juga sebaliknya. Selain itu, Fitting keluaran lama juga terkadang lebih kecil dari Lampu-lampu produk terbaru.

Terdapat setidaknya dua solusi untuk masalah ini, salah satunya adalah dengan menukar-nukar Lampu yang ada. Contohnya, coba tukar Lampu Kamar Mandi dengan Lampu yang ada di Ruang Tamu (Jika Model Lampunya Sama). Kedua, buat Kamu yang gak mau repot-repot tukar-menukar adalah dengan membeli 1 setnya ( Lampu + Fitting ). Produk-produk terbaru saat ini telah banyak mengeluarkan jenis Lampu bersamaan dengan Fittingnya.

Longgar Saat Mengganti Lampu

Faktor kedua yang juga menjadi sebab Lampu tidak menyala adalah longgar / kendor saat pemasangan. Karena Fitting yang kekecilan, menyebabkan Lampu jadi tidak terkonek saat dipasang. Untuk masalah ini, coba putar lagi Lampu yang akan Kamu pasang, tapi jangan terlalu keras.

Pemasangan Lampu dengan menggunakan alat bantu seperti Stik Tongkat Pengganti Lampu, terkadang tidak terlalu kencang. Coba putar manual, jika posisi lampu terlalu tinggi, gunakan Tangga untuk meraihnya.

Terdapat Salah Satu Kabel Yang Lepas di Fitting

Nah, faktor yang paling sering terjadi saat ganti Lampu, tapi tetap tidak menyala adalah terdapat Kabel yang terlepas / longgar. Masalah ini biasanya terjadi saat pemasangan awal Fitting Lampu, sambungan Kabel yang kendor dengan Fitting. Selain itu, proses pergantian Lampu juga bisa menjadi penyebab terlepasnya Kabel dengan Rumahan Lampu.

Untuk menyelesaikan masalah ini, lebih baik matikan dulu saklar Lampunya. Cek aliran Listrik dengan Tespen (Test Pen), gunakan sarung tangan Listrik untuk keamanan (Safety). Jika tidak ada power / aliran listrik di Kabel, coba kencangkan atau sambung Kabel yang terlepas dengan Fittingnya.

Ganti Lampu DC Tanpa Trafo (Jarang Terjadi)

Mengganti Lampu Halogen

Masalah yang juga menjadi penyebab lain adalah pemasangan Lampu DC. Umumnya, untuk lampu rumahan kebanyakan berjenis Lampu-lampu AC (model drat yang dipasang dengan cara memutar Lampu).

Kendati demikian, tidak jarang juga rumah-rumah yang memasang Lampu dengan jenis DC ( Led Strip, Halogen, Neon dll). Lampu dengan jenis ini harus menggunakan Trafo / Power Suply / Adaptor untk bisa menyala. Sebelum memasang lampu berjenis DC, pastikan gunakan Trafo yang cocok dengan Lampunya (misal 12 volt).

Terkadang Lampu jenis DC dijual secara terpisah dengan Trafonya. Belilah Lampu yang sudah 1 set dengan Trafonya, biasanya dengan merk yang sama.

MCB yang Rusak (Jarang Terjadi)

MCB

Sebelum mengganti Lampu di rumah, coba cek” dahulu Lampu-lampu yang ada di ruangan lain. Jika Lampu yang ada di rumah kesemuanya mati (selain pemadaman PLN / Mati Lampu), kemungkinan besar MCB mengalami kerusakan. MCB yang rusak biasanya ngetrip (Jeglek / Trip ), tanda-tanda paling sering terjadi saat MCB rusak.

Walaupun tidak trip, MCB rusak juga ditandai dengan tidak adanya aliran listrik (power) yang keluar dari MCB. Untuk memeriksa hal ini, gunakan Tespen untuk cek 2 power yang ada di MCB, power keluar dan power masuk. Jika indikator Tespen hanya menyala di salah satu sisi, hal ini menandakan bahwa MCB sudah rusak.

Minta Bantuan Kepada Orang yang Mengerti Tentang Listrik ( Teknisi Listrik )

Ketika sudah mengganti MCB baru namun masih saja ngetrip, coba meminta kepada orang-orang yang mengerti kelistrikan. Teman, Tetangga & Keluarga yang sehari-harinya kerja di dunia kelistrikan, seharusnya mengerti tentang masalah ini.

Panggil Teknisi Listrik jika di daerah Kamu tidak ada rekan yang mengerti tentang listrik. Solusi mudahnya dengan menelpon orang PLN. Solusi lain adalah dengan mencari kontak Teknisi Listrik di sosial media (Facebook, Instagram dll).

Baca Juga: Alat-alat Wajib Untuk Pekerjaan Kelistrikan & Elektronik

Penutup

Oke, itulah tadi faktor-faktor yang biasanya menjadi penyebab matinya Lampu walaupun sudah ganti dengan yang baru. Masalah yang paling umum dan sering terjadi adalah memang karena usia Lampunya. Semoga artikel ini bermanfaat buat Rekan-rekan yang masih awam di dunia kelistrikan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Jejak
Inline Feedbacks
View all comments