Game – Game Jadul PC MMORPG yang Masih Eksis Pada Akhir Tahun 2020

Upgrade PC jadul kamu!, itulah yang ingin disampaikan oleh banyaknya game yang akan dirilis pada akhir tahun 2020. Pasalnya, video game jaman sekarang terus berkembang dengan pesat, mengharuskan gamers untuk meningkatkan spesifikasi komputer lawas miliknya.

Berbeda dengan MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game), perpaduan antara game online multipayer dengan genre RPG.

Faktanya, rata-rata game MMO dapat berjalan dengan lancar di spec PC menengah ke bawah, terutama video-video game jadul.

Karena itu, buat kamu yang belum berniat untuk mengupgrade PC atau sedang mencari game-game MMORPG keluaran di bawah tahun 2015. Berikut daftar-daftar game online RPG yang masih bisa kamu mainkan pada akhir tahun 2020.

Nostalgia 2 Game Jadul MMORPG Indonesia

1

Rising Force - Sidags-min

RF (Rising Force Online) 2004

PC Windows

Vote Google: 87%

Developer: CCR Inc

Seperti slogannya “Pertempuran Tiada Akhir”, RF adalah game RPG online yang pernah populer di warnet-warnet saat pertama kali perilisannya. Diterbitkan oleh Lyto, game ini menghadirkan berbagai nuansa fantasi klasik di dunia NOVUS. Para pemain dapat membuat karakter dengan 3 pilihan bangsa yang berbeda, Cora, Acc dan Bellato.

Pada tahun 2020, game ini dibuat ulang dengan judul “RF Online Remastered” dan “RF Classic”, kembali bernostalgia. Tagar “#WarFromHome”, slogan Rf terbaru yang cocok dengan situasi saat ini terkait virus Covid-19. Bagaimanapun, ini adalah salah satu rekomendasi video game MMO jadul yang cukup ringan untuk komputer pas-pasan.

2

Perfect World - Sidags-min

PF (Perfect World) 2005

PC Windows

Vote Google: 82%

Developer: Perfect World Entertainment, Beijing Perfect World

Berikutnya, game komputer & laptop jadul yang juga sepopuler seperti RF adalah PF (Perfect World). Jaman dulu, game MMO RPG PC ini sempat menjadi pilihan terbaik selain RF untuk kalangan anak-anak warnet.

Meskipun terkesan lawas, game ini masih aktif dan banyak dimainkan oleh player setianya hingga sekarang. Mengesampingkan perkembangan video-video games MMORPG Open World PC dan Mobile, pengembang seakan ingin memberikan angin segar untuk game klasiknya.

Di update terbaru, sebagai penerbit, Lyto kembali mengajak penggemarnya untuk bermain di kelanjutan gamenya yang diberi judul Perfect World 2.

Baca Juga: Game-game Berat yang Kuat Dimainkan di Mini PC Standar

2 Game Lawas MMORPG Global

1

World of Warcraft - Sidags-min

WoW (World of Warcraft) 2004

Microsoft Windows, Mac OS X

Vote Google: 85%

Developer: Blizzard Entertainment

Memulai dengan seri Warcraft yaitu World of Warcraft, menghadapi gempuran game-game jaman sekarang, game ini masih tetap eksis secara global. Blizzard, selaku pengembang game MMORPG WoW terus mengembangkan game ini dengan update-update terbarunya.

Direncanakan rilis pada 27 Oktober 2020, sang Developher akan membawakan ekspansi baru yang berjudul World of Warcraft: Shadowlands. Hasil dari update tersebut salah satunya adalah perubahan di sistem level dan pembaruan di fitur-fitur lainnya. Alhasil, itulah yang membuat WoW menjadi salah satu game online PC jadul terbaik walau telah berdiri selama 16 tahun lamanya.

2

LOTRO - Sidags-min

LOTRO (The Lord of the Rings Online) 2007

PC Windows, Mac OS X

Vote Google: 94%

Developer: Turbine, Standing Stone Games

“Cari game klasik jaman dahulu ?, Mmorpg Open World di Komputer Kentang ?,” LOTRO bisa menjadi alternatif pilihan.

Meskipun memiliki grafik yang terlihat lawas, game ini masih banyak dimainkan oleh para penggemar seri novelnya. Seperti kebanyakan game MMORPG gratis lainnya, Lord of the Rings Online bisa kamu download secara gratis di Steam.

Banyak pilihan kelas dan ras yang tersedia, mulai dari ras Human, High Elf, Bangsa Hobbit, Kurcaci dan kelas-kelas lainnya. Di samping itu, terdapat fitur multipemain yang tersedia dalam mode Monster Play atau PvMP (Player versus Monster Player).

Rekomendasi 8 Game MMORPG yang Masih Aktif (Rilis Tahun 2010-2015)

1

Guild Wars Two - Sidags-min

Guild Wars 2 (2012)

Macintosh, Windows PC, Mac OS X

Vote Google: 94%

Developer: ArenaNet

Seperti judulnya, game ini adalah lanjutan dari versi pertama Guild Wars (2015). Saat pertama kali rilis, game ini adalah salah satu dari jenis MMORPG terbaik pada tahun 2012 lalu. Meskipun telah berjalan selama 8 tahun, Guild Wars 2 masih tetap eksis hingga saat ini. Tergantung cara kamu bermain, terdapat opsi-opsi pilihan dengan sistem JOB serta pembaruan yang terus ditambahkan.

Seperti game online lainnya, keseruan game ini adalah tentang menjalankan berbagai misi dan custom karakter sesuai profesinya masing-masing. Selain itu, terdapat sistem WvW (World versus World), bisa dibilang sistem PvP scala besar di 1 Map.

Kunjungi situs resminya jika kamu berniat memainkan game lawas ini, tentunya Free to Play. Guild Wars 2 juga akan segera hadir di Steam pada November 2020 mendatang.

2

BDO - Sidags-min

BDO (Black Desert Online) 2014

PC Windows, PlayStation 4, Xbox One

Vote Google: 87%

Developer: Pearl Abyss

Berikutnya, game yang terbilang unik dari game-game MMO lainnya adalah Black Desert Online (2014). Pasalnya, ada fitur keren yang membuat pemain dapat mengkustomisasi karakter sesuai penampilan yang diinginkannya. Mau ganteng atau cantik, kamu bisa membuat karakter dengan bentuk sesuka hati kalian.

Hadir untuk Versi Mobile

Di Tanah Air, game ini cukup populer bagi kalangan gamer Smartphone / HP Android & iOS. Tersedia untuk versi HP, tentunya menjadi salah satu daya tarik video game Black Desert Mobile. Kamu bisa meningkatkan berbagai statistik karakter ala RPG tergantung job yang kamu mainkan. Selain itu, terdapat fitur-fitur menarik seperti mode auto battle dan misi-misi harian seperti memancing dan memotong pohon serta tumbuhan.

Baca Juga: Kzarka Axe Akhirnya Terjual Rp. 45 Juta – Black Desert Mobile

3

The Elder Scrolls Online (2014) - Sidags-min

The Elder Scrolls Online (2014)

Windows PS4, Xbox One,PS 5, Google Stadia

Vote Google: 90%

Developer: ZeniMax Online Studios

Buat kamu yang masih menanti sekuel ke-6 dari video game populer The Elder Scrolls V: Skyrim. Game ini bisa menjadi alternatif MMORPG PC yang patut dicoba. Sebenarnya, banyak player yang masih memainkan game ini walaupun banyak game-game rilisan terbaru lainnya.

Sebagai salah satu penggemar RPG online PC, saya berharap game ini diterbitkan oleh salah satu Publishers di Indonesia. Pasalnya, The Elder Scrolls Online adalah video game yang dapat mempertemukan pemain dari berbagai platform gaming. Seperti player yang berasal dari PS 4 berjumpa dengan gamers PC dan Xbox One, seru abiss. Selain itu, game ini direncanakan rilis untuk konsol terbaru PS 5, Xbox Seri X dan Series S.

4

Star Wars The Old Republic - Sidags-min

Star Wars: The Old Republic (2011)

PC Windows

Vote Google: 95%

Developer: Bioware Austin LLC, BioWare, Electronic Arts

Game yang bisa dibilang lawas berikutnya adalah Star Wars: The Old Republic, masih tetap aktif walaupun sudah sembilan tahun rilis. Meskipun tak sepopuler WoW, namun pecinta video game Star Wars masih tetap hidup dan terus memainkannya hingga saat ini. F2P (Free To Play), game ini telah rilis di Steam secara gratis dan mendapatkan lonjakan player-player baru tiap minggunya.

Di samping itu, BioWare selalu mengupdate dan memberi event-event seru tiap bulannya. Tentu saja, itu semua dilakukan agar para pemain betah dan tidak jenuh walaupun termasuk di deretan game-game lawas.

5

Tera Online - Sidags-min

Tera Online (2011)

PC Windows, PS 4, Xbox One

Vote Google: 80%

Developer: Krafton

Rekomendasi game jadul MMORPG PC berikutnya adalah Tera atau disebut juga Tera Online (2011). Seperti game Lord of the Rings Online, game ini menghadirkan banyak kelas yang bisa dipilih. Faktanya, video game ini sempat diterbitkan oleh salah satu Publishers Indonesia yaitu Lytogame. Rilis pertama kali pada akhir tahun 2018, namun akhirnya tutup server setelah satu tahun memberikan layanan kepada gamers-gamers Tanah Air.

Baca Juga: Nintendo Switch Mendominasi! Peringkat Video Game Terbaik di Jepang

6

DC Universe Online - Sidags-min

DC Universe Online (2011)

NSw (Nintendo Switch), PS 3 & 4, PC Windows, Xbox One

Vote Google: 93%

Developer: Dimensional Ink Games, Daybreak Game Company

Selanjutnya, game MMO yang juga dirilis pada tahun yang sama seperi Tera Online adalah DC Universe Online (2011). Mirip seperti fans yang memainkan game Star Wars, DC Universe juga diisi oleh para penggemar setianya. Bermain sebagai pahlawan-pahlawan super besutan DC, tentunya menjadi point utama yang ingin disampaikan oleh game ini.

Selain itu, Pengembang juga terus melakukan pembaharuan secara rutin dan menambahkan berbagai misi baru. Developer yang peduli terhadap para pemain, mungkin itulah yang membuat game masih disukai oleh penggemar-penggemarnya.

7

The Secret World - Sidags-min

The Secret World (2012)

Microsoft Windows

Vote Google: 88%

Developer: EA, Funcom

Game MMORPG yang bisa dibilang jadul berikutnya adalah The Secret World (2012). Menghadapi gempuran video-video game yang terus berkembang tiap harinya, akhirnya game ini dirilis ulang dengan judul Secret World Legends (2017).

Selain itu, Steam juga merilis game ini secara gratis dan bisa kamu unduh dan instal di PC kalian. Rekomendasi game bagi gamers yang suka bermain solo / sendiri, karena sistem gamenya yang memang menyediakan fitur seperti itu. Karenanya, Secret World Legends tidak memaksa para player untuk bermain dalam tim demi menjalankan misi-misi yang berkaitan dengan alur ceritanya.

8

Neverwinter - Sidags-min

Neverwinter (2013)

PC Windows, Xbox One, PS4

Vote Google: 90%

Developer: Cryptic Studios

Terakhir, game MMORPG yang ramah dan ringan untuk PC-PC jadul adalah Neverwinter (2013). Meskipun agak berat untuk spek Core 2 Duo dengan Ram 2GB, namun gameplaynya lancar di processor Core i3 ke atas. Dunia luas fantasi “Dungeons & Dragons” dengan banyaknya kelas yang bisa kamu pilih sesuai spesialisasinya masing-masing.

Rekomendasi RPG klasik – sangat cocok untuk player yang suka dengan sistem party atau sekedar cuap” bersama teman dan menjalankan misi-misi. Sistem seimbang dan tak terlalu P2W (Pay to Win) ala Neverwinter, membuat player setianya betah untuk terus memainkannya.

Baca juga: TOP 20! Peringkat Video Game di Jepang Paling Hot September 2020

Subscribe
Notify of
guest
0 Jejak
Inline Feedbacks
View all comments