Alat-alat yang Wajib Kamu Miliki Ketika Bekerja di Dunia Kelistrikan & Elektronik

“Alat Kerja Listrik Apasih yang Wajib Kamu Miliki di Bidang Kelistrikan dan Elektronik ?.”

Sebelum memulai pekerjaan yang berhubungan dengan Listrik, sebaiknya persiapkan dahulu peralatan yang akan Kamu pakai. Umumnya, para Teknisi Listrik memiliki ToolBox khusus yang berisi alat-alat kerja di bidang kelistrikan.

Selain untuk pekerjaan operasional gedung – gedung bertingkat, alat – alat ini juga terkadang digunakan untuk pekerjaan – pekerjaan Listrik Rumahan. Berikut adalah peralatan yang paling sering digunakan oleh para Teknisi Listrik.

5 Peralatan Kerja Wajib Listrik dan Elektronika (Tool box Wajib)

1.Tespen

Peralatan pertama adalah Tespen, wajib punya dan sangat direkomendasikan buat Kamu” yang akan bekerja di dunia listrik & elektro. Alat ini berbentuk seperti pulpen, namun memiliki berbagai jenis kegunaan yang salah satunya adalah untuk mengecek aliran listrik.

Tespen - Alat wajib untuk kerja listrik
Tespen

Test Pen sangat praktis & simple untuk dibawa kemanapun Kamu bekerja, biasanya disangkutkan di kantong baju layaknya pulpen. Selain untuk mengetahui tidak atau adanya listrik di suatu benda, Tespen juga memiliki kegunaan lain. Salah satunya adalah sebagai Obeng. Ujung Tespen dapat difungsikan sebagai pengencang ataupun sebagai pengendor Sekrup.

Terdapat 2 bentuk ujung Tespen yaitu Plus & Minus. Jenis Minus adalah yang paling sering dibawa oleh para Teknisi Listrik. Alat wajib pertama yang harusnya Kamu miliki agar terhindar dari bahaya Listrik (kesetrum).

2.Tang

Selain Tespen, alat kedua yang juga dimiliki oleh para Teknisi handal adalah Tang. Untuk pekerjaan Listrik & Elektronik, Tang biasanya digunakan untuk memotong dan mengupas Kabel Listrik.

Terdapat 4 jenis Tang yang sering digunakan untuk berbagai pekerjaan teknik

Pertama adalah Tang Potong, alat untuk memutus benda-benda, termasuk Kabel. Tang Potong juga sering digunakan untuk perkerjaan memotong Kawat dan bahan-bahan yang berhubungan dengan besi dan alumunium.

Tang Kombinasi

Kedua, Tang Kombinasi. Tang jenis ini adalah gabungan dari tang model penjepit dan tang model pemotong. Untuk pekerjaan teknik, Tang Kombinasi adalah jenis yang paling sering digunakan oleh para Teknisi. Selain untuk pekerjaan Listrik, Tang ini juga kebanyakan digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan mekanik & elektronik.

Ketiga, Tang Potong Kabel. Seperti namanya, Tang Pemotong Kabel adalah jenis tang yang didesain khusus untuk pekerjaan Listrik. Berbeda seperti Tang Potong, Tang Potong Kabel adalah alat yang sering digunakan untuk memotong dan mengupas Kabel.

Terakhir adalah Tang Cucut. Alat yang dibentuk dengan sudut cucut, Tang ini sering digunakan untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh Tang Kombinasi. Tang Cucut yang banyak beredar di pasaran juga hadir dengan varian model Tang Potong.

3.Alat Tester Listrik – Tang Amphere – Multimeter

Peralatan Kerja Listrik - Tang Ampere
Tang Ampere

Berikutnya, alat yang juga wajib untuk kerja Listrik dan Elektronik adalah Tester Listrik. Di dunia Listrik & Elektronik, erat hubungannya dengan mengukur Tegangan listrik (Voltage), Hambatan listrik (Ohm), serta Resistensi dari suatu rangkaian listrik. Untuk pekerjaan ukur – mengukur ini dibutuhkan alat yang bernama Multimeter, sering juga disebut Multitester.

Multitester - peralatan kerja listrik dan elektronik
Multitester

Pada tahun 2021, telah banyak beredar Multimeter yang dikombinasikan dengan Tang Ampere (alat untuk mengukur arus listrik amphere). Multitester & Tang Ampere adalah kombinasi terbaik untuk pekerjaan yang berhubungan dengan Listrik dan Elektronika. Alat ini hadir dengan berbagai varian dari model manual, analog dan digital.

4. 2 Jenis Obeng ( Plus dan Minus )

Obeng Plus & Minus

Alat yang juga wajib ada di Toolbox para Teknisi adalah Obeng. Terdapat 2 jenis Obeng yang seharusnya ada di Tool Box adalah Obeng Plus ( + ) dan Obeng Minus ( – ). Obeng Plus atau yang sering juga disebut Obeng Kembang adalah alat yang paling sering dipakai untuk pekerjaan yang berhubungan dengan Sekrup.

Untuk pekerjaan Listrik, Obeng Minus adalah alat yang sering digunakan oleh para Teknisi Listrik. Obeng Minus sering digantikan oleh alat yang bernama Tes Pen ( ujung tespen berbentuk minus). Alat ini kebanyakan dipakai untuk pekerjaan yang berhubungan dengan Terminal Sambungan Kabel Listrik.

5. Sarung Tangan Listrik & Peralatan Safety

Terakhir adalah perlengkapan Safety, alat pelindung diri untuk keamanan & keselamatan dalam bekerja. Di dunia pekerjaan listrik, elektronik dan mekanik, Perlengkapan Safety adalah wajib Kamu pakai sebelum bekerja. Perlengkapan ini biasanya disediakan di Perusahaan tempat Kamu bekerja.

Terdapat minimal 2 Perlengkapan Safety untuk pekerjaan yang berhubungan dengan Listrik yaitu Sarung Tangan Listrik dan Sepatu Safety. Untuk pekerjaan Listrik di daerah rumahan, Sepatu Safety biasanya digantikan oleh alas kaki berbahan isolator seperti sepatu dan sandal karet.

6 Alat Bantu Kerja Listrik & Elektronik (Optional)

Selain dari 5 alat wajib listrik di atas, terdapat setidaknya 6 alat-alat yang juga berguna buat Kamu yang bergelut di pekerjaan listrik & elektronik.

Kunci-Kunci Pas, Kunci Inggris & Kunci Ring

Kunci Inggris

Pertama adalah Kunci Inggris, alat alternatif pengganti Kunci Pas & Kunci Ring. Terdapat banyak sekali model Baut yang bisa dibuka dan dikencangkan oleh alat yang bernama Kunci Inggris ini.

Kunci Pas

Jika saat membuka Baut terasa sulit, Kunci Pas dapat menggantikan peran Kunci Inggris untuk masalah ini. Seperti namanya, Kunci Pas adalah kunci yang secara khusus digunakan untuk membuka ataupun mengencangkan Baut-baut ukuran tertentu.

Kunci Ring

Selain Kunci Pas, terdapat kunci lain yang sejenis bernama Kunci Ring. Kunci jenis ini berbentuk Ring atau bundar. Salah satu kelebiahan Kunci Ring adalah dapat menjangkau lokasi-lokasi yang sulit diraih oleh Kunci-kunci Pas. Kunci Ring erat kaitannya dengan pekerjaan-pekerjaan mekanik seperti di kendaraan Bermotor, Mobil, Truk dll.

Set Obeng Lengkap Untuk Elektronik (Tools Set)

Ada kalanya Obeng Plus dan Obeng Minus terasa menyulitkan saat berhubungan dengan pekerjaan Elektronika. Kerjaan yang berhubungan dengan bongkar pasang Elektronik, terdapat jenis alat-alat yang didesain khusus untuk itu. Alat ini bernama Toolset / Toolkit / Tools Set Elektronik, berbagai jenis alat khusus untuk kerja Elektronika & Listrik.

Palu / Hammer

Alat berikutnya adalah Palu atau Hammer. Berbeda seperti pekerjaan-pekerjaan kasar pertukangan, Palu untuk pekerjaan Listrik dan Elektronik cenderung lebih kecil. Namun, Palu yang sering digunakan oleh Pekerja Bangunan juga terkadang dipakai oleh Para Teknisi Listrik.

Cutter & ATK

Kater Besar & Kecil

Cutter atau sering dibilang Kater, alat simple yang juga berguna di bidang kelistrikan. Terdapat 2 ukuran Kater yang telah banyak dipakai untuk berbagai jenis pekerjaan. Mulai dari ukuran yang kecil dan ukuran besar yang mirip dengan pisau dapur. Umumnya, Kater kecil adalah alat kerja listrik yang sering dipakai para Teknisi dan bisa menjadi alternatif Tang Potong ( untuk mengupas Kabel ).

ATK ( Alat Tulis Kantor ), alat yang juga terkadang dibutuhkan di pekerjaan Listrik & Elektronik. Pulpen, Pensil, Spidol & Buku Catatan Kecil adalah ATK yang paling sering digunakan oleh Para Teknisi ( biasanya untuk mencatat pekerjaan dll ).

Kater, Tespen, Pulpen & Buku Catatan Kecil adalah alat – alat kerja listrik yang umumnya dipakai oleh Para Teknisi. Biasanya disangkutkan di kantong baju kerja, simple dan sangat praktis dibawa kemanapun pada saat sedang bekerja.

Senter Kepala - peralatan kerja listrik pada malam hari
Senter Kepala

Senter

Selanjutnya ada Senter, alat bantu penerangan pada malam hari ataupun di tempat-tempat yang gelap. Senter sering kali dibawa para Teknisi pada saat jam kerja Shift Malam Hari. Selain itu, alat ini juga berguna untuk membantu pencahayaan di tempat gelap yang berhubungan dengan listrik ( seperti di atas Plafon, Box Panel dll ).

Terkadang, Smartphone bisa menjadi alternatif selain Senter. Faktanya, banyak model HP jaman sekarang yang dibekali dengan Flashlight yang berfungsi sebagai Senter.

Penggaris

Penggaris, Meteran & Jangka Sorong

Terakhir, alat yang juga terkadang dibutuhkan dalam pekerjaan Listrik adalah alat ukur ( Penggaris, Meteran, Jangka Sorong dll ). Tak bisa dipungkiri lagi bahwa alat ukur adalah sebuah alat yang banyak sekali dipakai di segala jenis pekerjaan.

Meteran - alat kerja listrik yang sering digunakan untuk mengukur kabel
Meteran

Untuk pekerjaan Listrik, alat bantu ukur yang biasanya dipakai adalah Meteran, Penggaris dan Penggaris Siku. Meteran sering digunakan untuk mengukur panjang suatu Kabel, tentunya alat ini adalah rekomendasi yang juga wajib untuk melengkapi Toolbox Kamu.

Penutup

Oke, itulah tadi beberapa alat kerja listrik yang paling banyak digunakan oleh Para Teknisi – teknisi handal. Buat Kamu yang akan terjun di dunia kelistrikan dan elektronika, tidak ada ruginya untuk mengkoleksi alat-alat tersebut.

Selain digunakan pada saat bekerja di sebuah perusahaan, alat – alat ini juga dapat berguna untuk pekerjaan – pekerjaan listrik rumahan. Namun, jangan lupa untuk selalu gunakan Safety saat bekerja, minimal Sepatu dan Sarung Tangan Listrik.

Hindari bahaya kesetrum, sebisa mungkin matikan aliran Listrik di MCB sebelum memulai pekerjaan Listrik. Selain itu, Air adalah hal yang fatal untuk pekerjaan – pekerjaan Listrik. Sepatu dan Pakaian Basah perlu Kamu hindari sebisa mungkin.

Semoga tulisan ini bermanfaat buat Teman – teman, selebihnya mohon maaf jika ada penulisan kata. Terima kasih.

Baca Juga : Ganti Lampu Baru Tapi Masih Mati, Penyebab dan Solusi Pergantian Lampu Baru di Rumah

Subscribe
Notify of
guest
0 Jejak
Inline Feedbacks
View all comments