Pembahasan Singkat Novel – Lanjutan Manhwa Solo Leveling Season 1

Post ini termasuk ke dalam Pembahasan Novel & Manhwa Solo Leveling Season 2.

Pembahasan Solo Leveling [Spoiler]

Nebahas Karakter Bernama Cha Hae-In, Cewek Tsundere Yang Jago Menggunakan Pedang

Profil Sung IL-Hwan Karakter Solo Leveling – Bapak” OP Yang Sayang Anak

Profil Karakter Sung Jin-Woo – Skill & Ability

Bacaan Selain Solo Leveling, OP Karakter & Komik Berwarna


Selain Solo Leveling, Ini 6 Komik Buatan Redice Studio

SPOILER ALERT!!

Scene Yang Sangat Ditunggu Di Manhwa Solo Leveling Season 2

Jika melihat manhwanya yang telah selesai rilis pada season 1 sebanyak 110 Chapter. Season itu menghabiskan setidaknya 120-an chapter yang terjadi pada cerita novelnya. Mungkin temen-temen banyak yang mengetahui bahwa novel SL tamat di chapter 243 dan cerita Epilog sampai Chapter 270. Bisa diartikan bahwa season 1 manhwa Solo Leveling telah berjalan sekitar 50 % dari cerita novelnya.

Musim ke-2 komik Solo Leveling.

Kemungkinan besar akan menjadi season terakhir dan penutup dari cerita panjang Sung Jin-Woo di Manhwa Solo Leveling.

Tapi, itu semua hanya opini yang belum tentu akan terjadi. Tergantung dari sang pembuat komiknya yaitu Redice Studio. Para kalangan penggemar di forum” yang membahas tentang Solo Leveling. Banyak yang berharap jika komik SL dibuat sampai dengan Season 3 dengan total chapter 300-an.

Kembali ke pembahasan.

Manhwa Solo Leveling Season 2 akan dimulai pada chapter sekitar 130-an cerita novel. Menjadi pembuka setelah lamanya hiatus season pertama manhwa Solo Leveling. Mulai dari sini banyak spoiler2 yang akan dibahas. Kita mulai dari yang pertama akan dibahas.

Cha Hae-In berniat Gabung Ke Guild Ah-Jin

Spoiler Manhwa Solo Leveling Season 2 Cha Hae-In
Cha Hae-In

Poin pertama yang ditunggu” oleh para penggemar adalah scene di mana Cha Hae-In memutuskan untuk bergabung ke Guild Ah-Jin. Menjadi pembukaan manhwa Solo Leveling Season 2. Adegan di mana terjadi kesalahpahaman antara Jin-Woo, Cha Hae-In dan Ketua Asosiasi Go Gun-Hee. Di sini kita bisa melihat adegan romantis di antara mereka. ^^

Guild Ah-Jin

Sekedar info, Guild Ah-Jin adalah nama guild yang dibangun oleh Jin-Woo dan Yoo Jin-Ho. Guild ini semula bernama ” Solo Play”, kemudian diganti menjadi Ah-Jin, nama ini didapatkan dari nama adik perempuan Jin-Woo yaitu Jin-Ah.

Di sisi lain, Jin-Woo memberikan syarat yang sangat sulit agar dapat masuk ke guildnya. Tes yang diberikan adalah harus dapat mengalahkan panggilan terkuat milik Jin-Woo yaitu Beru. Shadow yang didapatkan saat penyerangan Pulau Jeju.

Nah, di sini kita semua dapat melihat jurus terkuat miliki Cha Hae-In yaitu skill bernama Blade of Light. Pedang yang bercahaya terang, mirip” pedangnya Star Wars gitu kemungkinan. Namun semua itu sia-sia. Cha Hae-In yang berniat untuk gabung ke guild Ah-Jin berakhir dengan kegagalan. Ia kalah berduel melawan Beru.

Tapi.

Hae-In sempat mengalahkan Igris yang menjadi lawan pertamanya, bisa diartikan bahwa memang Cha Hae-In lebih kuat daripada Igris.

Lanjut.

Kuil Cartenon & Munculnya Gate Rank-S Di Tokyo Jepang

Hal kedua yang juga dinantikan di manhwa Solo Leveling Season 2 adalah kejadian Dungeon Ganda Kuil Cartenon. Selanjutnya kemunculan Gerbang raksasa di Tokyo Jepang yang menewaskan banyak orang.

Black Key Kuil Cartenon

Masih ingat kan sama Kunci Hitam yang Jin-Woo dapat dari Kastil Tower Iblis Baran. Kunci itu nantinya dipakai Jin-Woo untuk membuka Dungeon Ganda Kuil Cartenon. Scene di mana Jin-Woo menjadi sangat OP(OverPower) setelah mendapatkan jantung Shadow Monarch bernama Black Heart.

Berkat kejadian itu, Jin-Woo memiliki total MP sebanyak 100 ribu. OP banget pas sdh dpt ini.

Selain itu, di sini banyak scene pertarungan antara guildnya Cha Hae-In melawan patung” dan malaikat kuat. Temen-temen bisa lihat di season 1 manhwa Solo Leveling. Chapter awal saat Jin-Woo melawan patung” besar di Dungeon Ganda, salah satu patung ada yg bisa ngeluarin laser.

Gerbang Besar Yang Muncul Di Jepang

Kemunculan Gerbang yang super besar terjadi di Jepang. Salah satu scene yang juga sangat dinanti” di manhwa Solo leveling Season 2. Setelah Jin-Woo menyelesaikan urusannya di Double Gate dan menyelamatkan Cha Hae-In beserta Guildnya. Jin-Woo berniat membantu Jepang untuk segera membereskan Gate Rank-S yang muncul tiba” di langit” Tokyo tersebut.

Sebelumnya diketahui bahwa banyak Ranker” Jepang yang telah tewas saat penyerangan monster” semut di Pulau Jeju. Rank-S terkuat Jepang pun ikut menjadi korbannya yaitu Goto Ryuji.

Dungon Break.

Nah, di sini pihak Jepang berniat menyewa Pemburu Rank-S yaitu Yuri Orlov. Hunter yang berasal dari Rusia. Yuri mencoba untuk membuat penghalang saat Gerbang tersebut akan terbuka. Gate yang tidak segera dibersihkan/diserang hanya menunggu waktu hingga monster” keluar dari Dungeon tersebut.

Diceritakan bahwa Monster” berukuran Raksasa telah menhancurkan penghalangnya Yuri. Naasnya, Hunter Rank-S asal Rusia tersebut terbunuh beserta satu jutaan orang” di Jepang. Perlu diketahui bahwa Monster” Raksasa tersebut bertotal sekitar 20-an. Peringkat Monster2 Raksasa/Titan berada di atas Rank-A atau bisa dibilang Rank-S.

Pasukan Jin-Woo Melawan Para Monster Raksasa di Manhwa SL S2

Pahlawan yang ditunggu” pun akhirnya datang membantu krisis yang dialami Jepang tersebut. Yap, Jin-Woo bersama dengan Yoo Jin-Ho berniat membersihkan gerombolan Raksasa” yang telah tersebar di mana-mana. Tentu saja, Jin-Woo dan para Shadownya lah yang membereskan para Raksasa ƪ(˘⌣˘)ʃ. Selama seminggu, semua raksasa habis terbantai oleh Bayangannya Jin-Woo.

Raksasa” Rank-S tersebut berakhir menjadi pasukan barunya Jin-Woo. Sampai di sini, para Shadow” terkuat milik Jin-Woo adalah Beru, Tusk, Tank, Igris, Jima dan Raksasa/Giant. Buat yg belum tahu Jima nih. Jima adalah Bos Naga yang Jin-Woo dapatkan dari Gate Rank-S di tengah jalan Korea. Scene akhir manhwa Solo Leveling Season 1.

Selain scene” pertarungan melawan para Raksasa di Jepang. Ada satu hal menarik lainnya adalah bertemunya Jin-Woo dengan Bos Dungeon Raksasa yaitu Monarch Goliath. Raja Goliath yang dalam keadaan terikat rantai, berakhir dibunuh Jin-Woo tanpa harus bersusah payah melawannya. ^^

Next.

Pertarungan Jin-Woo Melawan Hunter Level Nasional Thomas Andre

Thomas Andre

Berawal dari Konferensi Guild Internasional yang berpusat di Amerika Serikat. Perkumpulan dari Guild” perwakilan setiap Negara yang ada di seluruh dunia.

Ceritanya di sini Guildnya Jin-Woo yaitu Ahjin dipilih sebagai perwakilan dari Negara Korea. AS yang memang tertarik dengan kemampuan Jin-Woo, berniat untuk merekrutnya kembali dengan iming” tubuh monster Rank-S yaitu Kamish.

Kamish adalah naga yang 8 tahun lalu telah menyebabkan malapetaka di AS dan hampir menghancurkan negara tersebut. Banyak korban” berjatuhan, termasuk para Hunter Rank-S. Namun, Kamish di sini gagal diekstrak menjadi Shadownya Jin-Woo, yang mengartikan bahwa usaha AS menjadi sia-sia.

Just info.

Kamish adalah Magic Beast yang sangat kuat dan salah satu bawahan Raja Naga(Monarch Dragon, Salah satu Monarch terkuat).

Sung Jin-Woo vs. Guild Scavenger

Adegan yang juga sangat dinantikan pada Manhwa Solo Leveling Season 2 adalah pertempuran antara Jinwoo melawan Thomas Andre. Berawal dari diculiknya Yoo Jin-Ho oleh Hwang Dong-Su. Hunter Rank-S yang mempunyai dendam dan sangat benci kepada Jin-Woo, bisa dilihat di season 1 manhwanya.

Diceritakan bahwa Yoo Jin-Hoo disiksa oleh Hwang Dong-Su dan disembuhkan oleh healer agar tidak tewas. Diinterogasi lah ceritanya. Kasian banget ini Jin-Hoo.

Jin-Woo yang mengetahui hal ini langsung menghantam itu helaer sama Hwang Dong-Su ʕ º ᴥ ºʔ. Gara-gara kejadian tersebut, Thomas selaku pemimpinnya memanggil anggota” Scavenger Guild untuk menghentikan Jin-Woo. Guild yang berisi banyak Rank-S di dalamnya melawan Shadow” milik Sung Jin-Woo. Sudah pasti Shadownya Jinwoo yang menang ƪ(˘⌣˘)ʃ. Namun tidak ada yang mati di kejadian ini.

Di sisi lain Thomas bertarung melawan Jin-Woo. Pertarungan berlangsung sedikit sengit yang akhirnya dimenangkan oleh Jin-Woo. Thomas yang notabenenya adalah Tank, dipukul habis”an oleh Jin-Woo, babak belur pokoknya di sini Thomas.

Jin-Woo kemudian membunuh Hwang Dong-Su dan menjadikannya bayangan bernama Greed. Untuk tingkat Greed sendiri adalah setara dengan Beru, komandan yang juga bisa berbicara dengan Jin-Woo.

Melawan Tiga Monarch & Kematian Sung Jin-Woo

Setelah mengalahkan Hunter Tingkat Negara, Thomas Andre. Jin-Woo di sini menjadi sangat terkenal di seluruh dunia. Namun, penyerangan para Monarch sudah dimulai, Bumi menghadapi ancaman besar yang akan datang di manhwa Solo Leveling Season 2.

Diawali dengan terbunuhnya Ketua Asosiasi Hunter Korea yaitu Go Gun-Hee oleh Monarch Ice. Jin-Woo terlambat datang untuk menyelamatkannya. Di sisi lain, Monarch Es berhasil melarikan diri setelah dilukai oleh Jin-Woo. Gak berani by1 ceritanya si Raja Es ini gaes ƪ(˘⌣˘)ʃ.

Monarch Ice yang memang tidak bisa mengalahkan Jin-Woo sendirian. Berniat mengumpulkan para Monarch lainnya yaitu Monarch Beast/Binatang dan Quaresha Monarch Insects/Serangga.

Raja Es dan Raja Binatang Manhwa Solo Leveling Season 2
Kiri: Monarch Ice l Kanan: Monarch Beast

Buat yang penasaran ama tampilan para Monarch ini. Di manhwa season 1 pernah dikasih lihat tampilan Monarch Beast dan Monarch Ice. Setelah berakhirnya penyerangan Pulau Jeju, ada 2 orang tidak diketahui keluar dari dalam sarang semut. Untuk tampilan Monarch Insects/Ratu Serangga, dituliskan bahwa ia memiliki tubuh yang dipenuhi serangga dan sangat menjijikkan.

Di season 1 manhwa scene saat kejadian setelah Pulau Jeju, sekitar chapter 107. Di situ kan banyak bangkai” monster Ant/semut yg bergeletakan di mana-mana. Beast Monarch pernah berbicara tentang jika “Dia” melihat kejadian ini, Dia pasti ketakutan. Kata “Dia” mengarah kepada Quaresha si Ratu Serangga/Monarch Insects. Oke Lanjutt.

Jin-Woo Melawan 3 Monarch Dan Kebangkitan True Shadow Monarch

Pada point ini, kemungkinan terjadi di manhwa SL Season 3(kalo ada).
Jadi gw masukkin aja ke dalam pembahasan Manhwa Solo Leveling Season 2.

Ceritanya sampai di 3 Monarch yang bersiap” untuk menyerang Jin-Woo. Rangkuman ini gw singkat aja biar gk kepanjangan.

Jin-Woo vs. Monarch Insects

Point pentingnya adalah saat Jin-Woo melawan Quaresha Sang Ratu Serangga. Quaresha punya ability/kemampuan yang sangat merepotkan, yaitu bisa mengikat Shadow/bayangan milik Jin-Woo. Dari banyaknya Shadow milik Jin-Woo, hanya Beru yang bisa melepaskan kutukan sihir yang menjeratnya. Setelah berjuang keras dan terlepas dari ikatan tersebut. Beru langsung menghampiri Jin-Woo dan membantunya.

Beru yang notabenenya adalah serangga, jengkel saat disebut bawahan rendahan yang berani menentang Sang Ratu. Beru yang marah langsung memberi serangan dan mengejek Sang Ratu Serangga. Terjadilah adu cekcok mulut saling menyerang satu sama lain. Di sisi lain, Jin-Woo mengambil momen tersebut untuk membunuh Sang Ratu. Kemungkinan di sini Quaresha lagi lengah dan dalam posisi emosi saat menghadapi Beru.

Kekuatan Penuh Raja Bayangan

Setelah berhasil membunuh Quaresha, Jin-Woo akhirnya ditikam oleh Monarch Beast dan berakhir dibunuh oleh Monarch Ice. Muncul pesan System yang menyatakan bahwa player telah tewas. Sung Jin-Woo pun terbunuh oleh aksi kombo duo Raja tersebut.

Ticak cukup sampai di situ. Jin-Woo yang dalam keadaan mati, kembali dimunculkan dalam dunia mimpi yang memperlihatkan kilas balik kehidupan bahagianya. Jin-Woo juga bertemu dengan sosok Raja Bayangan/Shadow Monarch asli yaitu Ashborn.

Sejatinya, Ashborn sangat lelah akan peperangan. Merasa tertarik dan bersimpati oleh sifat yang dimiliki Jin-Woo. Ashborn akhirnya memberikan tubuh serta mantel Raja Bayangan miliknya kepada Sung Jin-Woo. Simplenya, Jin-Woo mendapatkan kekuatan dari Ashborn.

Kemudian, Jin-Woo bangkit dengan tubuh dan kekuatan baru yang sangat” OP daripada sebelumnya. Black Heart berhasil bersatu dengan tubuh baru Jin-Woo. System yang seperti game telah dihilangkan. Tidak ada batasan dalam penggunaan skill dan ability System. Bisa dikatakan bahwa, Jin-Woo yang sekarang dapat memanggil bayangan dalam jumlah banyak(Unlimited Shadow-sekitar 100 ribuan).

Menurutku, skill yang sangat OP adalah Shadow Exchange, kemampuan yang dapat menukar posisi dengan para bayangannya. Di level 1, skill ini memiliki cooldown selama 3 jam. Bayangkan jika skill Shadow Exchange tidak memiliki cooldown atau No Delay. Jin-Woo bahkan dapat berteleportasi sesuka hatinya ʕ º ᴥ ºʔ.

Pertemuan Jin-Woo Dengan Ayahnya Sung IL-Hwan

Sung Il-Hwan Manhwa Solo Leveling Season 2
Bapaknya Jin-Woo, Sung Il-Hwan

Setelah berhasil mendapatkan kekuatan maksimal dan menjadi Shadow Monarch sepenuhnya. Jin-Woo dengan mudah berhasil mengalahkan 2 Monarch yang telah membunuhnya sebelumnya.

Dari kejauhan, Sung Il-Hwan melihat kejadian tersebut dan akhirnya bertemu dengan putranya yaitu Sung Jin-Woo. Sung Il-Hwan memberitahu Jin-Wo tentang misinya untuk menyelamatkan umat manusia dan bersiap untuk perang yang akan datang. Pertemuan singkat itu berakhir saat ucapan selamat tinggal kepada Ayahnya yang akan segera menghilang tersebut.

Kemungkinan, karakter yang akan mimin bahas setelah Cha Hae-In adalah Sung Il-Hwan.

Profil Sung IL-Hwan Karakter Solo Leveling – Bapak” OP Yang Sayang Anak

Penutup

Perang Puncak Di Manhwa Solo Leveling Season 2

Perang Besar-Besaran Melawan Monarch.

Karena ceritanya yang panjang.

Akan mimin rangkum di artikel selanjutnya, bersamaan dengan cerita setelahnya.

Setelah perang besar selesai, akan ada cerita kelanjutan yang memasuki babak Epilog.

Pembahasan Part 2 – Ending dari Cerita Panjang Solo Leveling.

Buat kalian yang suka dengan pembahasan ini.

Jangan lupa berikan komentar jika ada salah kata dalam penulisan di atas.
&
Jangan lupa Share ke temen-temen kalian biar semua kena Spoiler.

Sekian & Terima Kasih.

Facebook

Sumber: Novel Solo Leveling, KAKAO SL

Subscribe
Notify of
guest
0 Jejak
Inline Feedbacks
View all comments